Sabtu, 05 November 2011

Mahasiswa Pencinta Alam

Ketika aku memutuskan untuk mengikuti kegiatan yang bergerak dibidang petualangan yang biasanya disebut pencinta alam oleh orang kebanyakan. Saat itu aku hanya ingin mengikuti diklat dasarnya saja. Karna dari SMA aku udah pengen banget yang namanya camping tapi gak kesampean makanya aku berharap pas kuliah ini bisa terwujud apa yang aku pengenin itu.
Eh ternyata dan ternyata diklatnya itu ngeri banget untuk ukuran orang kayak aku..hehehe
Gimana gak ngeri kalo disuru-suru ma panitia yang macem2.. push up lah, sit up lah, dll… uda gitu disuruh rappelling ditebing yang tingginya kurang lebih 20 meteran, prusiking dipohon 10 meteran, survival dan yang paling aku gak suka itu nae gunung! Padahal yang ada dibayanganku tuh kita camping2 biasa gitu. Nginep ditenda trus api unggun, bakar-bakar jagung ato apa gitu yang asyik2… jauh dari yang ada dibayangan! (>_<)’
Setelah aku sah menjadi anggota pencinta alam dikampusku, ternyata ada proses lagi yang harus kita jalanin sebagai anggota baru yang masih imut-imut ini. Diklat lanjutan!
Hmmmm….
Aku kan mikir-mikir juga. Udah diklatsarnya aja kayak gitu, gimana ama diklat lanjutnya???
Setelah bersemedi beberapa hari *gak sampe pake nanya dukun akhirnya aku mutusin buat lanjut. Pokoknya yang ada dipikiranku waktu itu, ngapain udah susah-susah ikut diklatsar masa’ harus berhenti trus hanya menyandang status anggota yang masih imut-imut… gak mau lah *biasa gak mikir panjang.
Akhirnya aku ikut lagi proses diklat lanjut yang masanya selama 6 bulan buat nae stasus keanggotaan. Ternyata dugaanku salah. Diklat lanjut lebih enak daripada diklatsar. Kita disuruh milih saah satu bidang kegiatan yang kita minati. Pilihannya tuh ada 5, nae gunung, arung jeram, panjang tebing, susur goa & konservasi. Berhubung nae gunung bikin capek jadi gak milih itu, panjat tebing? Aku takut ketinggian, susur goa? Aku takut kalau gelap-gelapan ditempat yang sempit, arung jeram? Males ah… dan akhirnya aku mutusin buat ngambil konservasi. Berhubung ada konservasi soal sosial budaya yang kayaknya sih cocok ama jurusanku yang berhubungan ama orang.
Tapi ternyata pas perkenalan bidang-bidang kegiatan itu, konservasi ngebosenin & malah aku seneng pas diajak ngarung… yasuda jadilah aku mengambil keputusan untuk menjadi ‘anak’ arung jeram.
Sekali ngarung asyiklah..kedua kalinya aku ngarung disungai depan kampus yang biasanya dangkal tapi kali ini lagi ngamuk raja sungainya. Bisa dibayangin deh kayak apa kalo orang pendiem lagi ngamuk. Kayak gitu juga kondisi sungainya tuh..
Tes..tes.. satu menit, dua menit ampe lima menit seru juga ngarung diarus yang deras banget… ada tebing di depan, sengaja ditabrakin. Bruk! Perahu nabrak tebing. Seru! Perahu diem beberapa detik, sebelum ngelanjutin ngarung lagi, uda keduluan ama arus yang ngehantam perahu. Perahunya kebalik dan hanyutlah para awak perahu. Selesai.
Aku hanyut paling jauh dan untuk seorang pemula yang mentalnya lemah seperti diriku ini bisa ditebak apa yang terjadi setelah itu. Trauma.
Masa’ baru segitu aja uda gak mau ngarung lagi? Anak psikologi kok trauma? Lembek kamu ini. Kamu loh gak punya bidang kegiatan yang kamu kuasai, masa’ pencinta alam gak bisa petualangan bisanya ngurus keorganisasian tok. Kita ini sebagai pencinta alam harusnya ginilah gitulah. Selama dua tahunan aku denger kata-kata itu dari anak-anak. Sapa coba yang gak capek?! Mau kabur rasanya…
Belum lagi aku gak suka yang namanya olahraga jadi kalo ada latihan fisik gitu mana mau aku ikut, uda gitu disuruh ngurusin anak-anak yang baru masuk yang secara otomatis harus ngawasin+ngurusin mereka berkegiatan dan tidak lupa latihan-latihan fisiknya sebelum mereka berkegiatan dialam bebas. Dan secara otomatis juga aku harus ikut latihan fisik & dampingin mereka pas lagi kegiatan diluar.
Alasannya para pengurus menunjuk aku jadi koordinator buat ngurusin anak-anak yang masih imut-imut itu karena diriku uda kenal mereka lebih dulu daripada yang lain dan berhubung alasan mereka waktu itu masuk dan diproses oleh organ tubuhku yang dikasih nama otak entah oleh siapa maka jadilah aku menerima itu walopun setelah itu aku keberatan.
Bisa dibayanginlah kegiatannya gimana kalo orang yang ngurusin agak keberatan ama apa yang diurusin. Amburadul. Untunglah gak hancur total, masih ada yang terselamatkan itupun karna dibantu ama yang laen.
Itu setahun pertama. Tahun kedua. Lagi. Aku dapat job yang sama tapi tidak menjadi koordinator. Lebih baik lah dari sebelumnya. Aku ambil andil lebih ke ngajarin soal administrasi dan yang berhubungan ama keorganisasiannya. Urusan petualangan uda dihandle ma koordinatornya. Tahun kedua lebih terbuka pikiranku, untuk latihan fisik kadang-kadang ikut toh menyehatkan badan juga. Tapi tetep capek kalo keseringan diledekin ama anak-anak soal aku yang bisa apa-apa kecuali masalah keorganisasian tok itupun juga masih level rendah.
Anehnya, selama dua tahun aku gak kabur aja dari ‘dunia mereka’. Dulu sempet kabur tapi balik lagi. Aneh kan? Udah gak cocok ma organisasi yang aku ikuti tetep aja nongol disitu padalah masih banyak pilihan organisasi lain yang mungkin lebih asyik.
Tanya kenapa? Awalnya aku juga bingung. Cek…cek… aku berhipotesa alasan aku masih nongol disitu karna uda kecantol ama anak-anaknya. Eits jangan salah paham dulu, ini gak da hubungan dengan yang namanya jatuh cinta. Maksudku aku uda ngerasa enak ma anak-anaknya walopun aku sering dijadiin bahan ledekan. Banyak juga ilmu yang aku dapat disitu makanya berat buat ninnggalin.
Tahun ketiga aku jadi mapala *status doang tuh mapala. Aku dijadikan korban untuk ngurusin keuangan organisasi ato yang biasa disebut bendahara pengurus harian.
Alhasil makin berat aja aku ninggalin sekretariat beserta isinya. Makin banyak juga ilmu ama pengalaman yang aku dapat. Walopun aku masih menjadi orang yang hampir paling lemah diantara mereka tapi aku merasa udah ada perubahan yang lumayanlah buat diriku. Ya contohnya lebih sering ikut kegiatan petualangannya walopun itu cuma jadi tim masak *yang gak bisa masak sekalipun. Latihan fisik juga lebih sering ikut yah intinya lebih ada gunanya dibanding kemaren. Ini bukan sekedar karna tanggungjawab sebagai pengurus loh…
Aku juga bisa berpikir sedikit lebih jauh. Llebih mencintai tempat tinggalku yaitu bumi. Malahan aku yang dulu pake jilbabnya masih mood2an alias ke kampus doang jadi sedikit agak bener deh gara-gara ditegur ma anak-anak entah secara langsung maupun sindirian, gila-gila gitu anak-anak sering ngajarin yang bener loh walopun mereka juga agak gak bener…  Tapi ada satu hal yang masih sama. Pokoknya gak mau ngarung di sungai lagi. Hehehe…
Enggan rasanya memikirkan untuk jadi sarjana karna pastinya kalo uda mikirin itu yang nantinya aku uda gak bareng anak-anak lagi jadi males. Aku masih pengen nikmatin masaku selama jadi mahasiswa pencinta alam dulu. Aku nemuin keluarga walaupun aku baru bisa nemuin saat aku uda *kurang lebih setelah aku dua tahun masuk organisasi ini. Banyak sekali hal-hal yang udah dilewatin bareng-bareng. Gimana enggak, orang tiap hari nongol di secretariat trus ketemu orang-orang itu aja. Suka duka dilewatin bareng-bareng. Asyiknya…
Banyak deh pokoknya yang aku dapetin selama aku jadi mahasiswa pencinta alam, kalo ditulis mungkin tebelnya kayak novelnya Harry Potter versi Indonesia edisi terakhir tuh.
Kesimpulannya, enak loh jadi mahasiswa pencinta alam. Jadi buat ibu-ibu/emak and para bapak-bapaksi babe gak usah deh ngelarang anak-anakya buat ikutan mapala. Mapala itu gak buruk loh malahan banyak pelajaran yang bakal didapat ama anak-anaknya tuh… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar