Senin, 07 November 2011

Semeru Oh… Semeru

Semeru? Apa hebatnya gunung dengan ketinggian 3676 mdpl itu yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa? Kenapa sebagian orang bilang kalo itu surganya para pendaki? Kenapa berasanya wajib buat orang yang megaku dirinya pencinta alam atau penikmat alam atau pendaki gunung atau apalah namanya terserah.

Cewek yang bernama Kaka tidak mengakui dirinya sebagai pencinta alam apalagi pendaki gunung tapi kalo dikatakan sebagai penikmat alam bolehlah, toh semua orang harus menikmati alam agar bisa mensyukuri nikmat dan karunia yang menciptakannya. Tapi ada sebuah kejanggalan ketika dia mengikuti sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam disebuah kampus swasta yang ada di Malang dan dia tidak menyebut dirinya sebagai pencinta alam. Dan daripada ribet-ribet dengan apa seharusnya orang memanggilnya maka dia mutusin untuk mengatakan apalah arti sebuah nama *padahal karna udah buntu. Kaka bisa dibilang adalah cewek yang hampir paling lemah diantara semua makhluk yang ada disekretariat pencinta alam dikampusnya. Dari semua bidang kegiatan petualangan gak ada satupun yang dikuasai. Aneh, trus kenapa ikut pencinta alam? *ceritanya panjang, baca aja ditulisan sebelumnya.

Nah pada suatu hari nih *emangnya dongeng kelompok pencinta alam yang diikuti Kaka, punya program mau nae gunung semeru. Selama kaka menjadi anggota pencinta alam atau apalah namanya belum pernah sekalipun dia menginjakkan kaki disana padahal sudah tiga tahun jadi anggota pencinta alam di Malang. Melihat danau yang namanya ranu kumbolopun hanya dari foto, melihat puncak semerupun juga sama, hanya dari lembaran gambar yang diambil dari sebuah benda yang bernama kamera. Dari foto emang bagus danau kumbolo itu, indah sekali. Mungkin saking indahnya sampe orang-orang dari luar malang bahkan luar jawa sekalipun berbondong-bondong pada ke semeru. Ada juga tuh lagu tentang semeru atau lebih seringnya disebut mahameru beserta isinya.

Sebagus apa sih semeru itu? Batin kaka. Kenapa orang-orang sampe sering sekali ledekin dia karna gak pernah kesana. Kaka mutusin buat ikutan program itu, hanya sekedar ingin buktiin ke orang-orang kalo dia itu gak selemah kayak yang mereka bilang. Untuk tahap pertama nae gunung dia hanya membawa ransel yang isinya barang pribadi semua tuh. Biarin aja, lagian toh banyak cowok-cowok yang ikut jadi yang bawa logistik ama tenda mereka aja.hehehe… *uda ada niat jahat duluan
Keputusan untuk berangkat uda bulat walaupun hanya dengan modal ransel yang isinya barang pribadi semua. Apa yang terjadi di semeru? Seorang yang lemah kayak si kaka ikut pendakian bareng yang anggotanya sekitar 17 orang. 14 cowok & 3 cewek.
Aku capek… aku haus… istirahat dulu dong… kalian jangan cepat-cepat jalannya… masih jauh ya jalannya? Kapan sih nyampenya? apakah kata-kata itu yang bakal sering didengar ama anak2? Kita lihat saja!

Malamnya berangkat, mereka nginep di rumah pak Laman yang menyediakan jasa angkut orang *emang sapi ke pos perijinan. Dari hasil koordinasi yang mereka lakukan beberapa menit lalu, rencana berangkat jam 5 subuh. Trus mulai muncak jam 9 pagi.

Besoknya rombongan diangkut ke jeep untuk dipindahkan ke pos perijinan. Kurang lebih dua jamlah jadi sapi keren *iyalah keren, mana ada sapi nae jeep. Sekitaran jam 7 nyampe trus sambil nunggu pos perijinan yang belom buka, mereka makan dulu di warung yang ada di ketinggian 2200 mdpl. Nasi, telor ceplok, tempe, sambel dan tanpa sayur seharga tujuh ribu rupiah per porsi jadi santapan mereka dipagi ini. Lumayan buat ngeganjal perut *dasar sapi, makan nasi dibilang buat ngeganjal.

Pos perijinan buka, jam Sembilan kurang seperempat mereka mulai naik. Kaka sengaja milih jalan didepan soalnya dia gak mau ketinggalan jauh ama anak-anak. Paling juga ntar kesusul ma mereka jadi jalan duluan aja, pikirnya. Kaka jalan paling depan. Ampe pos satu masih tetep didepan. Biasa masih semangat. Jalan ke pos dua, masih juga paling depan sampe berhenti di ranu kumbolo juga paling depan. Mungkin karna jalannya landai, gak banyak trackingnya kali makanya paling cepet nyampe, pikirnya lagi. Istirahat makan siang lanjut lagi jalan ampe tempat camp pertama ternyata kaka paling cepet juga sampe-sampe pas malam ada evauasi kalo tertalu cepet jalannnya trus ninggal-ninggalin yang laen. Dan yang ngomong kayak gitu cowok lagi *cowoknya yang lebay ato si Kaka emang kecepetan ya…

Hmmmm…
Ada apa nih ama si kaka? Apa dapet kekuatan dari alam lain ya? *hehehe
Dia juga sendiri heran tuh. Dia niat jalan duluan bukan karna egois tapi mikirnya biar gak nyusahin anak-anak kalo jalan di belakang tapi emang pas jalan kan dia bareng ama si tatur tuh, eh ternyata kata si tatur emang ngebut dia jalannya. Alhasil makin bikin dia bingung plus gak enak ma anak-anak.

Malamnya pas koordinasi, rencana jam 1 dini hari mulai jalan biar bisa nyampe puncak jam 5 atau 6 pagi, ntar bisa ngeliat sunrise dari puncak. Setelah koordinasi berebut masuk tenda dan tidur. Saking nyamannya tenda, tidurnya jadi enak alhasil rencana molor setengah jam *kalo gak molor, gak afdol berarti mulai jalan jam setengah dua. Pas dijalan, si Kaka awalnya milih jalan dibarisan ketiga tapi karna si Riska sakit, jadi dia milih jalan dibelakangnya Riska. Riska gak kuat lagi katanya eh si Kaka sok jadi penyemangat gitu deh *padahal dia sendiri gak tau nanti bisa ampe puncak apa gak. Ayo Ris kamu bisa nyampe puncak, ntar kita foto-foto disana *gayaa… si Kaka terus aja ngoceh pas jalan buat nyemangatin Riska eh ternyata Riska beneran gak kuat katanya yang akhirnya buat dia berhenti & gak ngelanjutin pendakian. Mereka jalan lagi menuju puncak *kayak lagu aja, si Kaka masih bisa ngoceh juga padahal katanya pas dibatas vegetasi jalannya mulai berpasir. Nae satu langkah bisa turun tiga langkah, itu sih kata nak-anak yang uda pernah kesana. Pas uda mulai ninggalin batas vegetasi, si Kaka masih bisa aja nyemangatin teman cewek yang satunya lagi, si Ana yang uda mulai gak kuat. Masih gaya aja si Kaka nih, eh pas seperempat jalan ninggalin batas vegetasi dia mulai gak bersuara *rasain. Skarang dia fokus ngalahin pasir-pasir itu demi melihat puncak semeru. Kaka skarang ada dibarisan kedua, yang di depannya ada si Aliq. Masih terus berjuang ngelawan pasir-pasir itu.
Uda jam 6 juga belom nyampe. Masih terus berusaha ngejar sunrise diatas puncak. Sejam kemudian masih aja si Kaka dkk keliatan diatas pasir. Kaka masih ada dibarisan kedua, kali ini si Eko yang ada didepannya. Pendaki-pendaki laen uda mulai turun soalnya gak boleh lama-lama dipuncak dan maksimal jam sepuluh pagi katanya. Melihat orang-orang pada turun motivasi si Kaka malah kendor, bisa gak ya nyampe puncak. Pikiran yang datang dari setan itu segera dibuang jauh-jauh. Nae terus, hajar aja udah pasirnya. Pokoknya harus nyampe puncak, gak mau lagi diledekin ama anak-anak. Kali ini harus buat pembuktian kalo dia bisa! Hal itu yang ada dipikirannya terus saat berjuang melawan pasir menuju puncak semeru.

Setengah jam kemudian udah kedengeran suara orang teriak dipuncak dan orang itu adalah Kaka. Dia sampe puncak yang pertama itupun karna si Eko nyuruh dia duluan, bisa aja si Eko nyalip. Ah bodo’ amat sapa yang duluan, sapa yang terakhir. Yang penting skarang sudah ada dipuncak semeru!

Anak-anak lain masih dibawah, setengah jam berikutnya Ian ama Ali nyusul, setengah jam lagi Aliq ama Fajri nyusul, lima belas menit setelah itu si Agus nongol, lima menit berikutnya lagi Imam dengan wajah lesunya jalan menuju kearah kita yang lagi makan roti diatas puncak mahameru. Dan jam setengah sepuluh Ana nyampe puncak bareng si Godil & Kafi. Dari tujuh belas orang yang ke semeru, ada sebelas orang yang muncak. Yang lainnya jaga camp, si Kamal jagain Riska yang sakit.

Semua nyampe, kita upacara, foto-foto dan teriak-teriak dipuncak *padahal si Kaka doang yang teriak-teriak. Turun dari puncak eh mala Kaka yang paling terakhir. Masalah dengkul. Gara-gara dengkulnya sakit dia jadi paling lama turunnya. Anak-anak uda nyampe camp, dia sejam kemudian baru nongol di camp tapi gak sendirian, si Ana nemenin dia. Godil ama Agus juga ternyata nunggin di depan.

Mereka nyampe camp, makan siang trus turun & rencana mau camp semalam lagi di Ranu Kumbolo. Pas jalan ke kumbolo ternyata si Kaka masih paling lama jalannya.
Kumbolo ama puncak mahameru yang hanya bisa dilihat difoto skarang bisa dilihat langsung & komentarnya “oh ini Ranu Kumbolo & puncak semeru yang diidam-idamin banyak orang…”

Selesai.

Sebenarnya semeru beserta isinya itu bagus tapi berhubung motivasi Kaka bukan buat melihat keindahannya jadi terasa biasa saja. Dia hanya pengen buktiin ke orang-orang kalo dia itu juga bisa nae gunung. Dan ternyata juga dia gak nyusahin orang-orang selama disana walopun pas turun si Godil ma Agus nunggin dia karna jalannya paling lama dan itupun bukan dia yang merengek-rengek minta ditungguin. Alhasil kesimpulan yang dapat diambil si Kaka, motivasi itu bisa buat segalanya jadi mungkin dan kalo kita yakin bisa pasti bakal kesampean. Dan Kaka juga berniat kesana lagi dilain waktu & bawa carrier, buat menikmati indahnya semeru beserta isinya.

1 komentar:

  1. gue search godil di google, keluarnya blog elo...
    gak nulis lagi??

    BalasHapus